Minggu, 04 April 2010

Lagu Juga Sarana Pendidikan bagi Anak


Lagu dan musik terbukti sangat membantu perkembangan otak, perkembangan indera, perkembangan kemampuan bahasa, dan kemampuan sosial anak. Dalam beberapa penelitian neuromusikal, lagu dan musik terbukti membantu perkembangan otak manusia khususnya pada planum temporale bagian kiri, di mana bagian otak ini berperan besar dalam perkembangan bahasa. Dengan hasil penelitian ini, musik dianggap mampu membantu perkembangan bahasa anak.

Tidak perlu dipungkiri, musik mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan kita. Dan pengaruh positif musik dalam kehidupan kita merupakan suatu topik menarik untuk dibicarakan. Menarik karena pengaruh positif tersebut relatif tidak terlihat [intangible] walaupun konkrit [dapat kita rasakan]. Pengaruh positif musik tersebut bahkan sudah terjadi pada saat awal perkembangan kita sebagai individu.

Dalam perkembangan musik dan lagu saat ini hampir 100% lagu itu hanya cocok dikomsumsi oleh orang yang sudah dewasa dikarenakan tema-tema lagu saat ini cendrung dengan tema percintaan, jarang sekali tema lagu yang menceritakan tentang pendidikan dan patriotisme dalam hal ini saya hanya ingin mendiskusikannya saja.

Coba kita lihat dan dengar pada saat anak-anak kita sedang bersenandung, lagu apa yang mereka senandungkan..???? bisa di pastikan lagu yang mereka senandungkan sekarang adalah lagu-lagu dari band papan atas yang sedang up to date. Pernahkah kita mendengar anak-anak kita menyenandungkan lagu anak-anak yang sedang populer saat ini,....??? kemungkinan tidak, sebab lagu anak-anak saat ini cenderung asal jadi yang penting punya nilai jual.

Atau coba kita dengarkan kembali lagu anak-anak yang beredar saat ini.., apakah arti dari lagu tersebut mengandung nilai pendidikan atau patriotisme, jawabannya...jarang. Mari sama-sama kita mengingat kembali di era tahun 70'an s/d 80'an hampir semua lagu anak-anak yang dibawakan oleh artis cilik pada masa itu mengandung nilai pendidikan dan nilai patriotisme, salah satu contoh lagu dengan judul Alam Pusaka yang dibawaka oleh Adi dan Iyut Bing Slamet dalam lagu tersebut menceritakan keindahan laut atau lagu Siapa Yang Punya dan dalam lagu ini menceritakan segala sesuatu yang kita inginkan akan terwujud apa bila kita mau menabung.

Melalui lagu, anak juga belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Jika kita perhatikan dengan seksama beberapa paragraf di atas, kita dapat melihat bahwa lagu dapat membantu anak-anak untuk mengaktualkan potensi motorik, intelektual, dan emosinya. Dan jika kita rujuk pada akar kata pendidikan [Inggris: education, dari bahasa latin: educare yang berarti mengeluarkan, mengaktualkan, dan mengembangkan potensi seseorang, maka lagu dan musik adalah juga sarana pendidikan bagi anak. Musik dan lagu dapat membantu anak untuk berkembang, untuk mengaktualkan potensi-potensinya.

Selamat bersenang-senang sambil bermusik dan bernyanyi dengan anak-anak Anda, masih belum terlambat bagi kita untuk ‘mendidik’ mereka dengan berkegiatan musik bersama, sebagai rasa cinta terhadap anak-anak indonesia dibawah ini ada beberapa lagu anak-anak yang populer diera tahun 70'an s/d 80'an yang bisa anda download

Klik aja judul lagunya
Dusun Kecil, Mak Inem Tukang Latah, O Te O, Pantun Sianak Kecil, Sama-Sama Pengin Maju, Si Dogol, Siapa Yang Punya, Tepi Pantai, Mau Kemana, Kami, Jangan Usil, Bilang-Bilang dulu, Pantun Sianak kecil, Alam Pusaka, Aduh-Aduh Mana Tahan, Adik Manis, Si Kancil, Pergi Ke Sekolah.

16 komentar:

Unknown mengatakan...

Hai… saya Kak Zepe.
SAya punya koleksi dongeng dan lagu-lagu anak yang memiliki nilai pendidikan.
Lagu-lagu dan dongeng2 saya sudah banyak digunakan oleh Guru2 Paud dan TK.
Anda bias meng-upload gratis dari internet.
Silakan klik:
http://www.lagu2anak.blogspot.com

romaeni mengatakan...

Suatu saat lagu anak-anak akan bangkit,sebagai pecinta anak mari kita berlomba-lomba berkarya! &Album VCD Ayo belajar sebagai salah satu bukti lagu anak-anak tidak mati. Silahkan dilihat,dengar dan rasakan sendiri manfaatnya
;) cek my link

http://www.youtube.com/watch?v=7csufW7IueI

Anonim mengatakan...

@ Kak Zepe.....thank's banget atas sharring webnya

@ Romaeni......setujuh mari kita bangkitkan lagu anak-anak yang mengandung makna positif dan kecintaan terhadap tanah air

slamet mengatakan...

Asalamualaikum wb wr, Maaf ni Saya ingin sekali mendapatkan koleksi lagu anak-anak tahun 70an, gimana caranya ya, terima kasih atas saranya, Asalamualikum wb wr

obat darah rendah mengatakan...

hal apapun bisa mendidik untuk anak. asalkan hal yang positif

obat penyakit hepatitis mengatakan...

informasi yang menarik, terimakasih telah berbagi

obat darah tinggi mengatakan...

Anak malah lebih senang dan cepat menghafal lagu.. :)


penyakit akut

Obat Hipertensi mengatakan...

Pasti ada pelajaran dari setiap peristiwa.
Obat Hipertensi

Shelia Andromeda mengatakan...

Ayo Kawan Sukseskan 2015 !

Obat Pembuluh Darah Tersumbat
Obat Vertigo
Obat Serangan Jantung
Obat Kanker Serviks Tradisional
Pengobatan Kista Rahim
Penyakit Akut
Obat Memperbaiki Fungsi Hati
Obat Kanker Jaringan Lunak
Obat Kanker Pita Suara
Obat Abses Anus
Obat Memperbaiki Sistem Pencernaan
Obat Gangguan Fungsi Prostat
Obat Kebas
Obat Multiple Myeloma
Obat Penyakit Sinusitis Akut
Obat Tangan Sering Kesemutan
Obat Penyakit Jantung Koroner Akut
Obat Herbal Pasca Operasi Kanker Payudara
Obat Gagal Hati Akut
Obat Penyakit Asma Akut
Obat Penyakit Asam Urat Akut
Obat Penghancur Batu Ginjal
Obat Penyakit Leukemia Akut
Obat Herbal Batuk Berdahak
Obat Abses Paru
Obat Radang Amandel
Obat Syaraf Kejepit Di Punggung
Obat Plak Pembuluh Darah
Obat Angin Duduk
Obat Jantung Aritmia

obat herbal faringitis mengatakan...

infonya membantu
obat herbal faringitis

Obat Pneumonia mengatakan...

Semua yang kamu dapatkan hari ini adalah hasil dari apa yang kamu kerjakan. Lebih baik apa yang kamu kerjakan, maka akan leih banyak pula hasil yang akan kamu dapatkan.

Pengobatan Biang Keringat mengatakan...

Hidup ini kamu yang jalani, kamu bisa lakukan apa saja yang ingin kamu lakukan. Tapi pastikan itu adalah sebuah cerita yang kelak pantas untuk diceritakan.

Pengobatan Herbal Apendisitis mengatakan...

I think this information is very interesting and also useful . thank you for sharing the information and I wait for further information .

Acemaxs272 mengatakan...

Excitement grew yeaahh...

Jus Herbal Ace Max
Pengobatan Sakit Lambung
Obat Slimming Capsule
Obat Slimming Capsule
Obat Slimming Capsule
Obat Amandel
Obat Herbal Asma
Jelly Gamat Gold G

Anonim mengatakan...

Cold Sweat should not be underestimated . Sweating occurs when a person doing a lot of physical activity or exposed to hot air . However , unlike the case with if that comes up is a cold sweat , because it could indicate a problem in the body. For that we recommend ace maxs . for further information check here
obat sering berkeringat dingin

Anonim mengatakan...

Thank you all article, very useful for me , I am happy to visit your website . I say thank you a lot and success always for you and your family.
Jelly Gamat QnC

Posting Komentar

Album

 
SATRIA HARAPAN - Template By Blogger Clicks